“Penanganan COVID-19 di Rumah Sakit pada Peningkatan Kasus di Jawa Tengah : Rumah Sakit Pasti Bisa”

Serial Webinar PERSI Daerah Jawa Tengah Bekerjasama dengan IDI Wilayah Jawa Tengah

Seri 4 : Masalah Etik dan Hukum di Era Pandemi COVID-19

“Penanganan COVID-19 di Rumah Sakit pada Peningkatan Kasus di Jawa Tengah :

Rumah Sakit Pasti Bisa”

Sabtu, 9 Oktober 2021


Webinar ini diselenggarakan atas kerja sama PERSI daerah Jawa Tengah dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jawa Tengah yang bertujuan untuk mempersiapkan rumah sakit dalam menangani COVID-19. Menghadirkan tiga pembicara yakni DR. dr. Moh. Sofyan Harahap, Sp.An, KNA (Ketua Komite Etik Penelitian Kesehatan RSUP dr. Kariadi Semarang), dr. Agoes Oerip Poerwoko, Sp.OG(K), MARS (Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP dr. Kariadi Semarang), dan dr. Djoko Widyarto JS, DHM, MH.Kes (Ketua MAKERSI Daerah Jawa Tengah). Webinar ini dimoderatori oleh dr. Arif Rahman Sadad, Sp.FM(K), MSi.Med, SH, DHM.

DR. dr. Moh. Sofyan Harahap, Sp.An, KNA

Sofyan membahas mengenai “Aspek legalitas penggunaan obat / metode pengobatan Covid-19 di RS yang masih dalam penelitian”. Pandemi COVID-19 telah mengganggu kehidupan global, sedangkan kita masih jauh dari memiliki obat atau vaksin yang efektif. Panik dan kebingungan seputar pandemi mungkin menyebabkan penurunan standar pelatihan medis. Namun kurangnya pilihan terapi yang efektif seharusnya tidak menjadi alasan untuk menawarkan “sesuatu” yang kemanjurannya tidak pasti.

Dalam pelaksanaannya, WHO mendukung penggunaan obat – obat yang masih dalam penelitian. PPK menjamin pelayanan medis efektif efisien bermutu dan merata sesuai sumber daya, fasilitas, pra fasilitas, dana dan prosedur serta metode yang memadai menurut jenis dan strata pelayanan kesehatan masing – masing. Semua badan pengatur internasional berpendapat bahwa obat off-label sebagai tanggung jawab dokter dan sah dengan beberapa persyaratan. Sifatnya legal selama mematuhi isu etik dan keselamatan pasien, serta penggunaannya perlu justifikasi dan pengawasan dengan baik.

dr. Agoes Oerip Poerwoko, Sp.OG(K), MARS

Agoes menyampaikan materi mengenai “Implementasi Telemedicine di RSUP dr. Kariadi pada masa pandemi”. Selama pandemi akses masyarakat mendapat pelayanan kesehatan banyak yang tertunda, berdampak pada kunjungan pasien yang berkurang di rumah sakit. Terjadi percepatan digitalisasi kesehatan atau pengembangan pelayanan telemedicine selama pandemi COVID-19 yang pelaksanaannya juga dihimbau dari surat edaran pemerintah.

Impementasi pelayanan telemedicine di RSUP dr. Kariadi (RSDK) salah satunya dengan membuka klinik virtual yang merupakan klinik konsultasi dokter dengan media video conference. Klinik virtual ini menguntungkan karena terintegrasi dengan Rekam Medis Elektronik RSDK serta video conference bersifat real time. Alur pelayanannya dipersiapkan dari pendaftaran, pembayaran hingga pengantaran obat. Terjadi hambatan pelaksanaannya yaitu masih rendahnya utilisasi penggunaan klinik virtual, sehingga untuk meningkatkan utilisasi klinik virtual RSDK berinovasi membuat layanan virtual homecare tidak berbayar, dilakukan oleh perawat dan ditujukan untuk seluruh pasien pasca rawat inap yang bersedia menerimanya. Masyarakat belum terbiasa konsultasi dengan dokter tanpa tatap muka langsung, sehingga masih peerlu upaya yang lebih agar masyarakat mau memanfaatkan telemedicine.

dr. Djoko Widyarto JS, DHM, MH.Kes

Djoko membahas materi “Isu Etik dan Hukum Pelayanan RS disaat Pandemi Covid-19”. Timbulnya sengketa medik meningkat pada pandemi COVID-19 yang disebabkan banyak faktor terutama isu komunikasi. Aspek etik kedokteran yang mendasar adalah pertama tidak melukai, serta terdapat kode etik yang diatur untuk etika profesi. Terdapat tanggung jawab hukum apabila yang bersangkutan melakukan tindakan hukum. Hak-hak pasien diatur dalam undang – undang, sedangkan kewajiban pasien diatur dalam peraturan menteri. Hak dan kewajiban dokter juga diatur dalam undang – undang yang berlaku. Isu – isu yang muncul di era pandemi juga termasuk iklan, rahasia kedokteran, telemedicine, penghentian jasa profesi, praktik tanpa SIP dan pelimpahan kewenangan.

Masih terdapat tantangan dalam bab etika, regulasi serta implementasi perlindungan hukum bagi kita. Komunikasi memegang peranan penting dalam peningkatan kasus “malpraktik” di seluruh belahan dunia. Dokter yang mejalankan profesi sesuai Standar Profesi dan SPO berhak mendapat perlindungan hukum. Dokter wajib menjunjung tinggi dan menaati KODEKI, Sumpah Dokter dan peraturan perundang – undangan.

DISKUSI

Webinar ini dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diawali dengan sebuah pertanyaan untuk Sofyan mengenai apakah penggunaan off-label dapat digunakan di luar pandemi. Sofyan menjawab bahwa menurut studi penggunaan off-label  dapat dilakukan setiap saat dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Dilanjutkan dengan pertanyaan untuk Agoes tentang apakah klinik virtual RSDK pernah melakukan error rate dan bagaimana melakukan edukasi obat kepada pasien klinik virtual. Agoes menjawab bahwa error rate belum pernah dilakukan, namun jika terdapat pasien yang meragukan, akan diminta datang langsung ke RSDK untuk pemeriksaan lanjutan. Sedangkan terkait edukasi obat dilakukan dengan wawancara kepada pasien baik melalui whatsapp maupun video conference, serta terdapat hotline  farmasi RSDK jika masih terdapat hal – hal yang ingin didiskusikan. Terdapat pertanyaan mengenai bagaimana strategi pelaksanaan telemedicine RSDK untuk tahun – tahun berikutnya. Agoes menjawab RSDK terus berupaya untuk selalu memperkenalkan layanan telemedicine ini dengan selalu mempromosikan video layanan tersebut kepada masyarakat. Pertanyaan dilanjutkan mengenai apakah layanan telemedicine hanya dilakukan selama pandemi. Agoes menjawab bahwa selama regulasi membolehkan telemedicine, maka akan terus dilakukan. Namun Agoes merasa saat ini perkembangan ilmu pengetahuan semakin pesat sehingga Rumah Sakit harus menyesuaikan, salah satunya dengan mengadakan telemedicine.


Materi webinar tersebut dapat diakses pada: https://drive.google.com/drive/folders/1MibYGhDzG90CCxkdYOqd92Yw2pnVBH3Y?usp=sharing

Reporter : Swastiana Eka Yunita

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x