HomePengantar MingguanPengantar

Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku terkait Pengujian COVID-19: A Rapid Scoping Review

Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku terkait Pengujian COVID-19: A Rapid Scoping Review

Keberhasilan program pengujian COVID-19 bergantung pada tindakan sukarela anggota masyarakatnya. Oleh karena itu memahami pengetahuan, sikap, dan perilaku orang terkait pengujian COVID-19 adalah kunci untuk merancang program pengujian yang efektif di seluruh dunia.

Artikel ini melaporkan temuan rapid scoping review untuk memetakan tingkat, karakteristik, dan ruang lingkup penelitian ilmu sosial mengenai pengujian COVID-19 dan mengidentifikasi tema-tema utama dari literatur.

Studi ini menemukan bahwa motivator utama dalam pengujian adalah sebagian besar orang menerima teknologi pengujian dan pedomannya serta adanya rasa solidaritas sosial. Hambatan utama untuk mengakses dan melakukan pengujian yaitu termasuk ketidakpastian tentang kelayakan dan cara mengakses pengujian, kesulitan menafsirkan gejala, masalah logistik termasuk transportasi ke dan dari lokasi pengujian dan ketidaknyamanan ekstraksi sampel, serta kekhawatiran tentang konsekuensi dari hasil yang positif.

Studi ini menunjukkan bahwa penelitian yang telah ada masih terbatas secara cakupan dan pendalamannya. Diperlukan lebih banyak penelitian dengan metode longitudinal dan kualitatif berbasis under-resourced setting dan memeriksa persimpangan antara pengujian dan pengalaman kerentanan sosial, politik, dan ekonomi. Terakhir, studi ini menyarankan bahwa pengujian harus dipahami sebagai proses sosial yang tidak dapat dipisahkan dari proses contact tracing dan isolasi serta diterapkan dalam rutinitas sehari-hari, mata pencaharian, dan hubungan bermasyarakat.

Artikel ini dipublikasikan pada 2021 di Multidisciplinary Digital Publishing Institute, selengkapnya KLIK DISINI

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x