Monitor Respons Sistem Kesehatan COVID-19: Indonesia

Monitor Respons Sistem Kesehatan COVID-19: Indonesia

Indonesia membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada Maret 2020. Wilayah di dalam negeri dikategorikan menjadi empat zona warna berdasarkan penularan dan penyebaran COVID-19.

Zona tersebut digunakan untuk mengkomunikasikan peringatan dan berfungsi sebagai isyarat bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan pengujian, penelusuran, dan perawatan.

Update COVID-19 disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas, informasi langsung diberikan melalui situs resmi. Media arus utama, termasuk media sosial, merupakan sumber informasi penting tentang virus, dan berfungsi sebagai sumber informasi utama bagi masyarakat. Dua perangkat pembatasan yang mencakup serangkaian tindakan untuk membatasi mobilitas/ interaksi masyarakat seperti penutupan sekolah, pembatasan kegiatan keagamaan, sosial budaya, kemudian diterapkan pula pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM). Kriteria klinis ditetapkan untuk memandu tindakan isolasi dan karantina.

Fasilitas isolasi diri umum dan rumah sakit didirikan di gedung – gedung publik. Seluruh prosedur medis terkait COVID-19 diberikan gratis untuk semua penduduk Indonesia, terlepas dari kebangsaan dan cakupan asuransi mereka. Program vaksinasi bertahap dimulai pada Januari 2021.

Artikel ini disusun oleh Mahendradhata Y, Andayani NLPE dan Marthias T, yang merupakan tim pemantau respons sistem kesehatan COVID-19: Indonesia. Makalah ini diterbitkan di New Delhi oleh Kantor Regional Organisasi Kesehatan Dunia untuk Asia Tenggara pada 2021. Selengkapnya https://apo.who.int/publications/i/item/covid-19-health-system-response-monitor-indonesiaKLIK DISINI

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x