Pelatihan Teknis Pengembangan Perpustakaan/Learning Resources Center pada Institusi Kesehatan

<span class="dojodigital_toggle_title">Pelatihan Teknis Pengembangan Perpustakaan/Learning Resources Center pada Institusi Kesehatan</span>


PENGANTAR

Pengetahuan mengenai penyakit baru seperti COVID-19 perlu terus dikembangkan oleh organisasi – organsiasi kesehatan. Pengetahuan ini berkembang sangat pesat dan kegagalan untuk mendapatkan pengetahuan akan berakibat fatal di RS. Kinerja RS dalam menangani pandemi dan wabah tertentu dapat menurun. Lebih ekstrim lagi, terdapat kemungkinan sumber daya manusia RS dapat meninggal akibat ketidaktahuan akan pengetahuan terbaru mengenai suatu wabah tersebut.

Rumah sakit, dinas kesehatan dan institusi pelayanan kesehatan lainnya adalah institusi yang kaya data dan informasi baik dari dalam maupun luar organisasi. Berbagai data pelayanan kesehatan dikumpulkan oleh institusi tersebut. Agar data menjadi bermanfaat dan memiliki makna, perlu dilakukan pemrosesan data dan analisis agar menjadi informasi yang selanjutnya akan berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan yang penting bagi organisasi tersebut.

Namun hal yang disayangkan, unit – unit pengelola pengetahuan di rumah sakit/lembaga kesehatan (perpustakaan atau unit-unit  lainnya) masih belum optimal fungsinya. Disamping keterbatasan sarana dan prasarana, kapasitas pengelolanya juga masih perlu ditingkatkan. Dalam rangka meningkatkan peran dan manfaat dari perpustakaan di RS dan dinas kesehatan, perlu upaya strategis dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan juga sarana prasarana pendukung perpustakaan. Perpustakaan di institusi kesehatan seharusnya menjadi salah satu pusat pendukung berkembangnya pengetahuan di insitusi yang kaya data seperti RS dan dinas kesehatan.  Dalam konteks ini diperlukan Program Revitalisasi Perpustakaan RS/lembaga kesehatan untuk menjalankan Knowledge Management.

TUJUAN PELATIHAN

Dengan latar belakang tersebut, PKMK FK – KMK UGM yang sudah cukup lama terlibat dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan organisasi kesehatan berinisiatif untuk mengadakan pelatihan Pengembangan Perpustakaan/Learning Resources Center pada Institusi Kesehatan dengan konsep Knowledge Management dengan tujuan:

  1. Mengembangkan fungsi perpustakaan atau learning resources center pada institusi kesehatan sebagai pendukung kegiatan manajemen pengetahuan organisasi.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sumber daya manusia atau knowledge workers di organisasi kesehatan
PESERTA

Pelatihan ini bersifat teknis dan dapat diikuti tim dari RS, dinas kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan. Setiap institusi disarankan untuk membentuk tim yang bisa terdiri dari:

  • Petugas perpustakaan atau yang bertanggung jawab dalam pengelolaan manajemen data dan informasi,
  • Staf di bidang pendidikan, penelitian dan pelatihan dan juga pekerja pengetahuan lainnya termasuk klinisi di RS yang berkeinginan untuk mengembangkan konsep manajemen pengetahuan di institusi masing – masing.
MODEL PELATIHAN

Pelatihan ini akan menggunakann model blended learning dengan interaksi secara synchronous dan asynchronous. Pelatihan akan berjalan selama 5 minggu, dan akan dilanjutkan dengan pendampingan selama 1 bulan setelah pelatihan berakhir untuk monitoring dan evaluasi implementasi. Setiap topik akan dijadwalkan untuk pembelajaran selama seminggu, dan akan dilanjutkan dengan topik yang berbeda pada minggu selanjutnya. Peserta akan meluangkan waktu sekitar kurang lebih 3 – 4 jam setiap minggunya untuk mempelajari materi dan mengerjakan sejumlah penugasan. Setiap awal minggu akan dijadwalkan pertemuan untuk tutorial secara daring dan akan dilanjutkan dengan interaksi dengan menggunakan platform e-learning e-LOK (e-Learning: Open for Knowledge Sharing).

BIAYA

Para  peserta pelatihan dikenai biaya sebagai tim (Anggota tim maksimal 5 orang/institusi)  sebesar Rp. 2.000.000,-

Pembayaran peserta dapat dilakukan dengan melalui transfer ke rekening panitia:

No Rekening : 9888807171130003
Nama Pemilik : Online Course/ Blended Learning FK UGM
Nama Bank : BNI
Alamat : Jalan Persatuan, Bulaksumur Yogyakarta 55281

Bukti transfer pembayaran tersebut di kirim dengan diberi nama lengkap peserta ke  Whatsapp Messenger ke No. 0811-2639-839

PENDAFTARAN PESERTA

MATERI & JADWAL

Pelatihan ini akan diselenggarakan pada 1 – 29 September 2021.
Kegiatan tutorial secara daring akan dilakukan setiap hari Rabu pukul 13.00 – 15.00 WIB, dan interaksi selanjutnya akan menggunakan platform e-learning eLOK.

Selengkapnya Klik Disini
NARASUMBER
  1. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD
  2. Sukirno, SIP, MA
  3. Ngesti Gandini, MHum
  4. Anis Fuad, DEA
  5. Haxa Soeprijanto, S.Ikom
  6. Lutfan Lazuardi, PhD
  7. Niluh Putu Eka Andayani, SKM. MKes
  8. Guardian Yoki Sanjaya, Mhltinfo
  9. Prof Hans Wijaya
  10. Aditya Lia Romadona, S.Si, M.Si
  11. Kuntjoro A. Purjanto, M.Kes
NARAHUBUNG
Maria Lelyana (Kepesertaan)

Telp: 0274-549425 / 0811-2639-839

Email: [email protected]

Swastiana Eka Y (informasi konten)

HP: 0857-2952-7271

Email: [email protected]


 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x