HomeBerita

IDI Anggap Hoaks Lebih Mematikan dari Virus Corona Covid-19

IDI Anggap Hoaks Lebih Mematikan dari Virus Corona Covid-19

Jakarta – Ketua Pelaksana Harian Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Mahesa Paranadipa mengingatkan, bahaya hoaks kesehatan terutama mengenai Covid-19 yang bisa berdampak lebih mematikan dibanding virus.

“Penyebaran informasi palsu terkait Covid-19 lebih cepat dari penularan virus itu sendiri. Dampaknya (hoaks) justru lebih mematikan dari virus itu sendiri. Karena itu bisa dibayangkan orang-orang yang masih tidak percaya adanya Covid-19, tidak percaya penanggulangan yang kita lakukan hari ini berdampak luar biasa,” ujar Mahesa dikutip dari Antara, Rabu (28/7/2021).

Mahesa mencatat, hingga kini masih ada masyarakat dan bahkan tenaga kesehatan yang tidak percaya Covid-19. Menurut dia, hal ini menjadi pekerjaan rumah yang berat di tengah upaya penanggulangan penularan Covid-19.

Menurut Mahesa, peran masyarakat sipil (civil society) menjadi penting untuk memberantas hoaks kesehatan terutama terkait Covid-19.

Di sisi lain, Mahesa berharap, masyarakat bisa semakin terbuka pemahamannya dan mampu disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Peran dari civil society kita harapkan bisa bersama-sama memerangi hoaks kesehatan terutama terkait Covid-19. Kami berharap masyarakat lebih terbuka lagi pemahamannya terkait situasi hari ini dan pemahaman terbuka kita harapkan menghasilkan penanggulangan yang lebiih baik lagi ke depan, masyarakat lebih disiplin,” tutur Mahesa.


Selengkapnya: https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4618279/idi-anggap-hoaks-lebih-mematikan-dari-virus-corona-covid-19

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x