Katadata Virtual Series Forum Sudah Terpapar COVID-19, Boleh Vaksin (tanda tanya)

Katadata Virtual Series Forum  Sudah Terpapar COVID-19, Boleh Vaksin (tanda tanya)

Katadata Virtual Series Forum adalah Virtual Talkshow yang diadakan oleh Katadata bekerjasama dengan satgas COVID-19 untuk melakukan edukasi kepada masyarakat seputar COVID-19 hingga vaksin melalui Instagram live Katadata. Pada episode ini, virtual talkshow  mengambil judul “Sudah terpapar COVID-19, Boleh vaksin (tanda tanya) dengan menghadirkan narasumber dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD., Sp.A(K) (Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat FK UGM).

de. Mei Neni Sitaresmi, PhD., Sp.A(K)

Mei menjelaskan penyintas COVID-19 juga perlu melakukan vaksinasi. Penyintas yang sudah sembuh dan secara klinis baik sebenarnya bisa mendapatkan vaksinasi tersebut. Akan tetapi dengan mempertimbangkan skala prioritas vaksinasi tersebut ditetapkan waktu 3 bulan untuk penyintas COVID-19 untuk bisa mendapatkan vaksinasi. Pada kasus dimana penyintas baru mendapatkan vaksinasi pertama lalu terpapar COVID-19, maka penyintas bisa langsung melanjutkan vaksin kedua setelah dinyatakan sembuh dan tidak perlu mengulang vaksin dari awal. Tidak direkomendasikan untuk melakukan pengecekan kadar antibodi sebelum vaksin pada penyintas. Rekomendasi penggunaan vaksin saat ini di Indonesia yaitu menggunakan vaksin dengan platform yang sama pada rangkaian vaksinasi yang dilakukan, meskipun di beberapa negara penelitian penggunaan platform vaksin yang berbeda sedang dikembangkan.

Untuk mengakses virtual talkshow tersebut dapat diakses pada link berikut  https://www.instagram.com/tv/CQ8UE8pAbVE/?utm_medium=copy_link

Reporter: Putri Ramelia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x