HomeBerita

Kemenkes Akui Testing Covid Baru 38% dari Target PPKM Darurat

Kemenkes Akui Testing Covid Baru 38% dari Target PPKM Darurat

Jakarta, – Pemerintah mengungkap jumlah tes yang dilakukan di Pulau Jawa dan Pulau Bali hanya 38 persen dari target yang dicanangkan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengakui jumlah tes menembus angka 136 ribu pada Selasa (6/7). Namun, ia menyebut angka itu masih jauh dari target.

“Terlepas dari peningkatan jumlah tes yang dilaporkan, jumlah ini masih 38 persen dari jumlah yang ditargetkan untuk dilakukan di Jawa Bali setiap harinya, yaitu sebanyak 324 ribu tes,” kata Nadia dalam jumpa pers daring, Rabu (7/7).

Nadia juga menyoroti jumlah orang yang positif Covid-19 dari seluruh orang yang dites (positivity rate). Dia menyebut positivity rate di Indonesia masih sangat tinggi, berada di kisaran 19 persen.

Selain itu, penelusuran kontak (tracing) juga belum memenuhi target. Dia berkata pemerintah daerah harus menelusuri minimal 15 orang kontak erat setiap menemukan orang yang positif Covid-19.

“Kita semakin mendorong jumlah testing dapat ditingkatkan sehingga kita bisa segera memisahkan kasus yang sakit dari populasi sehat,” ujarnya.

Nadia mengimbau pemerintah daerah untuk menggenjot pelaksanaan tes dan telusur. Dia juga mendorong pemda meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan di daerah.

“Sehingga situasi level pandemi dapat membaik dan PPKM Darurat dapat dicabut,” ucap Nadia.


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x