Ivermectin for Prevention and Treatment of COVID-19 Infection: A Systematic Review, Meta-analysis, and Trial Sequential Analysis to Inform Clinical Guidelines

Ivermectin for Prevention and Treatment of COVID-19 Infection: A Systematic Review, Meta-analysis, and Trial Sequential Analysis to Inform Clinical Guidelines

Ivermectin adalah obat yang telah disetujui sebagai antiparasit oleh World Health Organisasi (WHO) dan US Food and Drug Administration. Obat Ini banyak digunakan di negara dengan penghasilan menengah ke bawah untuk mengobati infeksi cacing. Juga digunakan untuk pengobatan kudis dan kutu. Ivermectin pada dosis umum (0,2-0,4 mg/kg) dianggap sangat aman untuk digunakan pada manusia. Selain fungsinya sebagai antiparasit, obat ini tercatat memiliki fungsi antivirus dan antiinflamasi. Ivermectin telah menunjukkan aktivitas antivirus terhadap berbagai macam virus RNA dan beberapa virus DNA, misalnya Zika dengue, demam berdarah, yellow fever, dan lain sebagainya.

Sejak awal pandemi COVID-19, ivermectin telah dievaluasi dengan studi observasional dan studi acak sebagai pengobatan dan profilaksis untuk melawan infeksi COVID-19.  Mengembangkan obat baru bisa memakan waktu bertahun – tahun, oleh karena itu, mengidentifikasi kembali obat yang sudah ada dan terbukti keamanannya selama beberapa dekade yang dapat digunakan terhadap COVID-19 memainkan peran penting dalam menekan atau bahkan mengakhiri pandemi COVID-19. Saat ini, Ivermectin tersedia dan terjangkau di banyak negara secara global.

Tujuan dari tinjauan ini untuk menilai efikasi dari pengobatan Ivermectin untuk orang – orang yang terinfeksi Covid-19 dan sebagai profilaksis untuk orang-orang dengan resiko tinggi infeksi covid-19. Selain itu juga untuk menyiapkan brief economic commentary (BEC) dari ivermectin sebagai pengobatan dan sebagai profilaksis untuk COVID-19.


Unduh Jurnal
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x