Analysis of Thrombotic Adverse Reactions of COVID-19 AstraZeneca Vaccine Reported to EudraVigilance Database

Analysis of Thrombotic Adverse Reactions of COVID-19 AstraZeneca Vaccine Reported to EudraVigilance Database

Pengembangan vaksin yang aman, efektif dan terjangkau masih menjadi intervensi utama untuk menyelesaikan pandemi. Sebuah studi dilakukan untuk mengidentifikasi dan manganalisis reaksi trombotik/pengentalan darah sehubungan dengan penggunaan vaksin Oxford-AstraZeneca. Data dikumpulkan secara deskriptif retrospektif menggunakan laporan spontan yang diajukan ke EudraVigilance Database sejak 17 Februari hingga 12 Maret 2021.

Terdapat 54.571 laporan reaksi merugikan, 28 di antaranya terkait dengan efek samping trombotik. Tiga kasus fatal terkait kematian karena emboli paru; satu kematian karena thrombosis. Dengan melihat 17 juta orang telah divaksin AstraZeneca, temuan tersebut termasuk peristiwa yang sangat langka. Sulit untuk menentukan efek kausal dari vaksin pada jumlah penyakit tromboemboli yang dilaporkan.

Tidak ada efek kausal yang jelas yang dapat dikonfirmasi, dan beberapa kausatif faktor untuk kejadian trombotik belum teruji dan belum ditentukan. Penelitian dan analisis lebih lanjut berdasarkan laporan efek samping trombotik yang lebih rinci, termasuk karakteristik pasien dan komorbiditas, dapat memungkinkan penilaian kausalitasdengan spesifisitas yang lebih tinggi. Artikel ini dipublikasikan pada Jurnal Vaccines – MDPI pada April 2021.

Selengkapnya https://www.mdpi.com/2076-393X/9/4/393

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x