Strengthening Primary Health Care in the COVID-19 era: a Review of Best Practices to Inform Health System Responses in Low- and Middle-Income Countries

Strengthening Primary Health Care in the COVID-19 era: a Review of Best Practices to Inform Health System Responses in Low- and Middle-Income Countries

Di tengah upaya sistem kesehatan menghadapi pandemi COVID-19, kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan layanan kesehatan esensial menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Hal ini mendesak pentingnya revitalisasi pelayanan kesehatan primer. Sebuah penelitian dilakukan melalui analisis sekunder pada 11 ulasan dan 7 peta kesenjangan yang diterbitkan konsorsium riset perawatan kesehatan primer tahun 2019 dengan melibatkan 238 artikel yang dianalisis.

Penguatan pelayanan kesehatan primer yang berhasil memerlukan reformasi substansial pada empat kerangka kerja strategis, yakni komitmen dan kepemimpinan politik, tata kelola dan kebijakan, pendanaan dan alokasi sumberdaya, dan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan.

Reformasi strategis harus diikuti dengan Reformasi Operasional, seperti peningkatan akses, cakupan, dan kualitas terkait model penyampaian layanan yang mempromosikan layanan terintegrasi, penguatan tenaga kerja, dan penggunaan teknologi digital.

Memperkuat pelayanan kesehatan primer merupakan tantangan yang tidak mudah yang melibatkan berbagai aktor dan membutuhkan waktu bertahun – tahun.

Terlepas dari adaptasi sistem kesehatan utama selama pandemi, perubahan tidak mungkin berlangsung lama jika faktor – faktor yang mendasari kekuatan sistem kesehatan tidak ditangani.

Artikel ini dipublikasikan pada WHO South-East Asia Journal of Public Health pada Februari 2021. Selengkapnya http://www.who-seajph.org/article.asp?issn=2224-3151;year=2021;volume=10;issue=3;spage=6;epage=25;aulast=Peiris

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x