HomeBerita

Covid India B.1.167 Sudah Tiba di RI, Waspadai Gejalanya

Covid India B.1.167 Sudah Tiba di RI, Waspadai Gejalanya

Kementerian Kesehatan memastikan jika varian baru Corona B.1.617 yang dikaitkan dengan lonjakan kasus Covid-19 di India sudah masuk ke Indonesia.

Pasiennya saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina Tangerang Selatan, Banten. Varian baru corona B.1.617 disebut lebih menular daripada varian sebelumnya.

Kondisi ini dikhawatirkan bisa menurunkan akurasi tes pemeriksaan Covid-19 menggunakan Polymerase Chain Reaction(PCR) alias tes swab. Mutasi virus corona juga dapat menurunkan efektivitas vaksin Covid-19 dalam membendung penyebaran.

Kekhawatiran lainnya yakni berpotensi buruk terhadap pengendalian Covid-19 di berbagai negara, seperti meningkatnya laju penularan Covid-19 dan memperburuk keadaan pasien Covid-19.

Mengutip dari Zee News, Sabtu (8/5/2021) orang yang terinfeksi varian Corona baru ini memiliki beberapa gejala. Simak berikut gejala-gejala yang mungkin muncul:

1. Sakit Tenggorokan

Salah satu ciri sakit tenggorokan adalah gatal atau bengkak. Gejala tersebut juga umum terjadi pada Covid-19 dan ditemukan di global pada 52% kasus.

2. Kelelahan

Orang yang akhirnya positif Covid-19 sebelumnya mengalami tanda kelelahan dan lemah.

3. Nyeri di Bagian Tubuh

Para dokter menyebut banyak orang positif Covid-19 merasakan nyeri di tubuh, sendi dan otot. Dikabarkan ini karena virus corona menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting pada tubuh manusia.

4. Demam dan Menggigil

Selain itu orang yang terinfeksi mengalami demam dan menggigil. Tanda lainnya adalah kedinginan dan pilek tidak biasa.

5. Mual dan Muntah

Pasien dengan infeksi Covid-19 juga mengalami gejala mual dan muntah.

6. Pusing

Terdapat banyak laporan mengalami gejala neurologis yakni pusing, malaise dan mual.

7. Tidak Ada Air Liur

Para ahli menyebut tubuh manusia gagal air liur yang bisa melindungi mulut dari bakteri jahat. Dengan gejala ini, ada kemungkinan orang yang mengalami kesulitan mengunyah serta berbicara.

8. Gejala Lainnya

Gejala kurang umum juga dialami orang yang terinfeksi. Professor Tim Spector dari fakultas epidemiologi gentik di King’s College London Inggris, dalam akun Twitternya menuliskan gejala ini dialami oleh satu dari lima orang terkena Covid-19.

Gejala tersebut seperti ruam pada kulit. Jika terkena gejala aneh atau hanya pusing dan kelelahan dia menyarankan untuk tetap di rumah.


Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210509143215-4-244425/covid-india-b1167-sudah-tiba-di-ri-waspadai-gejalanya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x