Reportase Relaunching and Update on manajemencovid.net 15 April 2021

Pada Kamis, 15 April 2021 PKMK FK – KMK UGM menyelenggarakan acara Relaunching and Update on manajemencovid.net yang telah dikembangkan sejak awal masa pandemi COVID-19. Diskusi online ini mengundang Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., PhD untuk membuka acara dan dr. Lutfan Lazuardi, PhD sebagai narasumber. Para pembahas dalam diskusi online ini adalah Dr. Ir. Lanjar, M.Si (Sekretaris  Deputi  Bidang Penguatan Inovasi, BRIN), Jana C. Hertz, B.A., M.A (Team Leader Knowledge Sector Initiative), Hendro Subagyo, M.Eng (Kepala Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah, LIPI), dan dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes (Ketua Umum PERSI).


Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., PhD

Prof Laksono memaparkan bahwa pandemi COVID-19 ini belum ada tanda – tanda penurunan kasus, bahkan di beberapa negara cenderung meningkat. Kita tidak tahu kapan pandemi akan selesai. Apakah kita sudah memahami secara betul knowledge kita mengenai COVID-19? PKMK dengan bantuan dari berbagai pihak mengembangkan website manajemencovid.net yang dapat digunakan untuk sumber pengetahuan dengan konsep taksonomi. Harapannya knowledge dapat mudah dicari oleh pengguna dengan konsep taksonomi.


dr. Lutfan Lazuardi, PhD

Dalam pemaparannya, Lutfan menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi pengembangan knowledge management yaitu institusi kesehatan merupakan institusi yang banyak ilmu. Banyak ilmu yang belum kita ketahui terkait pandemi ini. Para nakes sangat kekurangan waktu untuk mencari pengetahuan karena terlalu sibuk dalam pelayanan klinis. Pada awal pengembangan, website ini masih belum terstruktur sehingga informasi sulit dicari. Beberapa bulan terakhir tim telah berusaha memperbaiki website ini.

Materi dapat diakses di sini.


Dr. Ir. Lanjar, M.Si

Pembahasan pertama oleh Lanjar yang mengucapkan selamat karena website ini dapat memberikan informasi yang mudah diakses serta dapat membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19. Kemenristek BRIN salah satunya memberikan pendanaan untuk pengembangan website ini. Lanjar mengusulkan sebaiknya materi tentang Genose dan fitur terkait riset dan inovasi juga ditampilkan dalam website ini.


Jana C. Hertz, B.A., M.A

Pembahas yang kedua, Jana memaparkan ada empat bagian dalam ekosistem pengetahuan, salah satunya PKMK sebagai penghasil pengetahuan, pengguna pengetahuan dalam hal ini pemerintah, perantara pengetahuan yaitu media atau LSM yang mendukung diskusi publik, dan pemampu pengetahuan yang memberi regulasi dan pendanaan. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah apa yang mendorong informasi dalam website ini benar – benar digunakan oleh semua pihak. Dalam pemaparannya, Jana menyimpulkan bahwa kita perlu membangun learning culture dan kapabilitas intellectual capital, mengajak partisipasi publik dan pentingnya keterlibatan multiactor dalam proses pengambilan kebijakan, dan mendorong pengambilan kebijakan berbasis bukti.

Materi dapat diakses di sini.


Hendro Subagyo, M.Eng

Pembahas ketiga, Hendro menyampaikan pembahasan dari aspek SECI. Tacit knowledge dari masing – masing orang terdokumentasikan dalam website ini. Harapannya dari web ini dapat digunakan oleh para stakeholder dan tenaga medis dan diserap dalam tacit knowledge masing – masing kemudian digunakan di lapangan. Website manajemencovid.net telah menunjukkan knowledge sharing dapat diperluas lintas unit/ RS dan website sebagai hubungan kolaborasi knowledge sharing. Pengembangan ke depan diharapkan adanya peningkatan dalam hal bagaimana hubungan dalam bentuk alat bantu website ini dapat dengan secara cepat menjadi platform. Tidak hanya sebagai platform learning tetapi juga decision making.

Materi dapat diakses di sini.


dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes

Pembahas keempat, Kuntjoro menyampaikan harapannya website ini dapat digunakan seluruh RS dan owner RS di Indonesia. Kuntjoro terinsipirasi agar konsep taksonomi dalam web manajemencovid.net ini dapat diterapkan di website PERSI. Website manajemencovid.net dapat saling link dengan website PERSI agar mudah sharing informasi.

Pada sesi diskusi, salah 1 peserta yaitu Nyoman mengusulkan untuk ada bidang lain dalam website ini, bukan hanya tentang COVID-19. Lutfan menyampaikan bahwa ada website lain yang dikembangkan PKMK untuk bidang kebijakan, filantropi dan lain – lain. Laksono menyampaikan bahwa kita terus mengembangkan website ini agar dapat digunakan oleh seluruh RS dan stakeholder. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Reporter: Monica Abigail


VIDEO REKAMAN

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x