From Double Shock To Double Recovery – Implications and Options for Health Financing in The Time of COVID-19

From Double Shock To Double Recovery – Implications and Options for Health Financing in The Time of COVID-19

Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan guncangan ganda, pada kesehatan dan ekonomi. Pada 1 Maret 2021, COVID-19 telah menelan korban lebih dari 2,5 juta jiwa dan memicu resesi ekonomi yang melampaui kemerosotan ekonomi sejak Perang Dunia II.

World Bank mempublikasikan sebuah makalah mengenai topik kesehatan, nutrisi dan populasi (health, nutrition and population).

Hampir semua negara merespon dengan peningkatan pengeluaran yang pesat selama 2020 untuk mengendalikan pandemi serta melindungi masyarakat, bisnis dan pekerjaan.

Makalah ini terbagi menjadi 2 bagian besar. Bagian pertama, membahas dampak dari pandangan makro fiskal pada tiga sumber utama pengeluaran kesehatan.

Proyeksi penurunan belanja pemerintah per kapita untuk kesehatan diperkirakan akan terjadi bersamaan dengan penurunan tingkat pengeluaran rumah tangga untuk kesehatan dan kemungkinan penurunan pembangunan bantuan kesehatan.

Bagian kedua, membahas pilihan kebijakan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran di bidang kesehatan. Pilihan ini mencakup strategi untuk membuat penyesuaian fiskal dan penyaluran ke bagian yang paling tepat sejalan dengan menjaga kestabilan neraca skema jaminan kesehatan sosial.

Selengkapnya : https://documents.worldbank.org/en/publication/documents-reports/documentdetail/670721616095085493/from-double-shock-to-double-recovery-implications-and-options-for-health-financing-in-the-time-of-covid-19

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x