COVID-19 Vaccination Options for Immunosuppressed Cancer Patients

COVID-19 Vaccination Options for Immunosuppressed Cancer Patients

Saat ini, kelompok kandidat penerima vaksin COVID-19 sedang disiapkan sebagai salah satu cari mengakhiri pandemi, namun pasien kanker dengan imuosupresan tidak termasuk kriteria penerima vaksin. Sebuah riset dilakukan guna membahas pilihan yang dapat diambil untuk memberikan vaksin yang aman pada pasien kanker dengan imunnosupresan menggunakan metode literature review.

Hasilnya didapatkan 200 artikel yang kemudian dikurasi menjadi 13 artikel sesuai kriteria inklusi. Berdasarkan literatur, pasien kanker yang mengalami imunosupresi memiliki pilihan untuk menggunakan vaksin yang saat ini sedang dikembangkan, dengan tetap melibatkan kewaspadaan untuk vaksin hidup yang dilemahkan dan resiko potensi penularan.

Waktu vaksinasi juga perlu disesuaikan sebelum atau setelah kondisi imunosupresif. Selain itu, kekebalan COVID-19 yang lebih lengkap dapat dicapai melalui sinergi antara vaksinasi individu dan kekebalan kelompok (herd immunity) . Artikel ini dipublikasikan pada Jurnal Berkala Epidemiologi Universitas Airlangga pada Januari 2021.

Selengkapnya https://www.e-journal.unair.ac.id/JBE/article/view/22600

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x