WHO Tegaskan Manfaat Vaksin Corona AstraZeneca Lebih Banyak Dibanding Risikonya

WHO Tegaskan Manfaat Vaksin Corona AstraZeneca Lebih Banyak Dibanding Risikonya

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap merekomendasikan penggunaan vaksin virus Corona COVID-19 AstraZeneca.

WHO menyatakan manfaat penggunaan vaksin tersebut lebih besar dibandingkan dengan efek samping yang ditimbulkan dan merekomendasikan vaksinasi untuk dilanjutkan.

“Saat ini, WHO menganggap bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya dan merekomendasikan agar vaksinasi dilanjutkan,” demikian seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (17/3/2021).

Seperti kabar yang beredar, banyak negara di Uni Eropa menunda sementara penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca mengingat adanya kejadian pembekuan darah pada beberapa penerima vaksin.

Sementara negara-negara lainnya di Uni Eropa yang menerima informasi yang sama, telah memutuskan tetap untuk menggunakan vaksin tersebut dalam program vaksinasi mereka.

European Medicines Agency (EMA) akan merilis temuannya pada Kamis, dan mengatakan tengah menyelidiki laporan 30 kasus kelainan darah yang tidak biasa dari 5 juta penerima vaksin AstraZeneca. Secara total, 45 juta suntikan COVID telah dikirim ke seluruh wilayah.

WHO mengatakan Komite Penasihat Global untuk Keamanan Vaksin saat ini tengah menilai dengan cermat soal data keamanan terbaru yang tersedia untuk vaksin AstraZeneca.

“Setelah peninjauan tersebut selesai, WHO akan segera mengkomunikasikan temuan tersebut kepada publik,” kata WHO dalam pernyataannya sehari setelah para ahli bertemu.


Sumber: https://health.detik.com/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x