Analisis Propagasi dan Prediksi COVID-19

Analisis Propagasi dan Prediksi COVID-19

Berdasarkan karakteristik penularan epidemi pada tahapan yang berbeda, makalah ini menggunakan teori distribusi Gaussian untuk membangun model baru penularan virus corona.

Dengan simulasi proses penyebaran COVID-19, peneliti menemukan bahwa kurva model yang diusulkan dapat dengan baik mensimulasikan kurva data resmi Hubei, wilayah non Hubei di China dan juga Korea Selatan, Italia, dan Iran.

Studi tersebut menunjukkan faktor – faktor kunci yang mempengaruhi penyebaran virus, seperti jumlah reproduksi dasar, masa inkubasi virus, dan jumlah infeksi harian. Pada saat yang sama, peneliti memprediksi tren perkembangan epidemi di berbagai wilayah dan menyimpulkan waktu kasus awal.

Selanjutnya, peneliti menganalisis dampak dari waktu kontrol yang berbeda terhadap penyebaran epidemi. Model dan analisis data yang relevan dapat memberikan beberapa dasar dan panduan bagi negara – negara terkait tentang pencegahan dan pengendalian epidemi.

Artikel ini dipublikasikan pada 2020 oleh jurnal IDM (Infectious Disease Modelling). Selengkapnya https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2468042720300087

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x