Investasi Kesehatan: Respon Sistem Kesehatan untuk COVID-19 dan Pandemi di Masa Depan

Investasi Kesehatan: Respon Sistem Kesehatan untuk COVID-19 dan Pandemi di Masa Depan

Pandemi COVID-19 adalah krisis kesehatan dan ekonomi global dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dimulai di China, dalam beberapa bulan telah menghancurkan banyak negara di seluruh dunia serta membutuhkan mobilisasi sistem kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Meskipun penyakit yang disebabkan oleh virus baru ini umumnya ringan dan sembuh sendiri, risiko penyakit parah sangat tinggi di kalangan lansia dan orang dengan kondisi medis yang mendasarinya.

Jika tidak ada vaksin atau pengobatan, strategi kesehatan masyarakat meliputi: (a) mencegah penularan melalui deteksi dan isolasi dini, melacak kontak dan mengkarantina mereka, dan menerapkan tindakan seperti jarak sosial dan kebersihan tangan dan (b) mengurangi kematian dengan memperbanyak manajemen klinis dan melindungi populasi paling rentan di masyarakat. Pandemi adalah pengingat lain bahwa kita perlu berinvestasi dalam kesehatan masyarakat, meningkatkan kapasitas nasional untuk mendeteksi penyakit sejak dini dan merespons dengan cepat infeksi yang muncul, memperkuat dan menghormati lembaga nasional kita dan mengandalkan basis bukti untuk pembuatan kebijakan.

Sudah saatnya kita memperhatikan pelajaran ini dan memperkuat tanpa penundaan lebih lanjut kapasitas sistem kesehatan kita, karena epidemi dan pandemi seperti ini akan terus menantang kesehatan masyarakat di masa depan.

Artikel ini dipublikasikan pada 2020 di SAGE Journal, selengkapnya https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/0972063420935538

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x