Reportase Pelatihan Minggu ke-2 Pengembangan Perpustakaan dengan Konsep Knowledge Management  untuk Mendukung Penanganan Pandemi COVID-19

Reportase Kegiatan

Reportase Pelatihan Minggu ke-2

Pengembangan Perpustakaan dengan

Konsep Knowledge Management  untuk Mendukung Penanganan Pandemi COVID-19

14 September 2020  ||  13.00 – 14.30 WIB


Pertemuan minggu kedua pelatihan knowledge management kali ini membahas”Information Retrieval COVID-19 dari Berbagai Sumber”. Materi tersebut disampaikan oleh Dra. Ngesti Gandini, MHum. Ngesti memaparkan fungsi penelusuran literatur, antara lain membandingkan karya terdahulu sebagai bahan pendukung penulisan, membantu memilih desain atau metodologi penelitian dan membantu menghindari kesalahan penelitian terdahulu. Keberhasilan penelusuran informasi ditentukan oleh kejelasan dalam identifikasi kebutuhan informasi yang disampaikan oleh pengguna, ketepatan dalam menggunakan berbagai alat/ sumber penelusuran, ketepatan dan kecermatan dalam melaksanakan dan menggunakan prosedur penelusuran, kecermatan   dalam   menentukan   analisa   hasil   penelusuran informasi, ketekunan  dalam  menggunakan  berbagai  cara  dan  teknik penelusuran. Terdapat banyak sumber informasi ilmiah, yaitu jurnal/ buku, tesis/ disertasi, bahan ajar kuliah, dan juga dapat berasal dari seminar serta konferensi ilmiah. Pustakawan harus mampu menerapkan strategi penelusuran informasi agar dapat lebih efektif menemukan informasi yang dibutuhkan. Strategi penelusuran informasi meliputi analisa permasalahan (key concept), identifikasi jenis literatur yang dibutuhkan, menentukan search terms, merumuskan strategi penelusuran, dan mengakses sumber daya informasi. Pada pertemuan ini, narasumber lebih banyak memberikan contoh praktik penelusuran informasi secara langsung agar peserta semakin memahami materi yang diberikan. Di akhir pertemuan, peserta diberi tugas untuk menentukan keywords sesuai dengan judul, membuat kriteria inklusi dan eksklusi sesuai dengan judul, menentukan search terms, memilih sumber daya informasi, dan menemukan fulltext dari keywords yang telah ditentukan.

Pelatihan selanjutnya atau minggu ke-3 dilaksanakan pada  Senin, 21 September 2020 pukul 13.00-14.30 WIB dengan materi pengenalan pathfinder yang akan disampaikan oleh Haxa Soeprijanto, S.Ikom. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

 

Reporter: Monica Abigail

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments