Reportase Pelatihan Minggu ke-5 Pengembangan Perpustakaan dengan Konsep Knowledge Management untuk Mendukung Penanganan Pandemi COVID-19

Reportase

Reportase Pelatihan Minggu ke-5

Pengembangan Perpustakaan dengan Konsep Knowledge Management untuk Mendukung Penanganan Pandemi COVID-19

5 Oktober 2020


Pertemuan minggu kelima pelatihan knowledge management kali ini membahas tentang materi “Taksonomi dan Tagging Sumber Referensi”. Materi tersebut disampaikan oleh dr. Lutfan Lazuardi, PhD. Sebelum pemaparan materi, peserta mengerjakan kuis untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta terkait review materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Lutfan memaparkan, knowledge management merupakan proses membuat, membagi dan menggunakan informasi dan pengetahuan untuk mengambil manfaat bagi organisasi. Siklus manajemen pengetahuan meliputi create, share, store, use, update. Basis data yang terkenal sebagai perangkat pendukung penerapan manajemen pengetahuan adalah Pubmed dan Cochrane Library. Selain itu website tersebut, saat ini PKMK FKKMK UGM sedang mengembangkan manajemencovid.net yang dapat dengan mudah diakses. Ada banyak informasi baru dari pakar tentang COVID-19 ini sehingga ada lonjakan informasi yang luar biasa yang perlu kita kelola. Pengelolaan literatur dapat lebih mudah dengan konsep taksonomi dan tagging. Taksonomi adalah pengklasifikasian akan sesuatu dalam hal ini yang diklasifikasikan adalah sumber referensi agar mudah diakses oleh penggunanya. Metadata merupakan informasi mengenai data itu sendiri. Misalnya saja sebuah buku memiliki metadata yaitu judul buku, pengarang, kota terbit, tahun terbit, penerbit, ISBN, kata kunci, edisi. Ada beberapa software untuk mengelola referensi, antara lain Endnote, Zotero, Jabref, Bibtex, dan Mendeley. Endnote adalah software berbayar, sedangkan Jabref, Bibtex, dan Mendeley dapat diakses secara gratis. Mendeley dinilai mudah digunakan untuk pemula karena memudahkan untuk sinkronisasi dan ada fasilitas grouping. Selanjutnya Lutfan menunjukkan tutorial cara penggunaan software Mendeley agar peserta dapat mencobanya secara mandiri. Di akhir pertemuan, Lutfan memberikan pembahasan singkat mengenai kuis yang telah dikerjakan oleh  peserta. Lalu peserta diberi tugas untuk mencoba menggunakan software Mendeley secara mandiri sebagai penugasan pertemuan minggu kelima ini.

Pelatihan minggu ke-6 dilaksanakan Senin, 12 Oktober 2020 pukul 13.00-14.30 dengan agenda presentasi setiap tim mengenai proposal pengembangan learning center di institusi masing-masing yang akan dibimbing oleh dr. Lutfan Lazuardi, PhD, Niluh Putu Eka Andayani, SKM. MKes, dan dr. Guardian Yoki Sanjaya, MHlthIinfo. Sampai jumpa di pertemuan minggu berikutnya.

 

Reporter: Monica Abigail

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments