Pelatihan Minggu ke-3 Pengembangan Perpustakaan dengan Konsep Knowledge Management untuk Mendukung Penanganan Pandemi COVID-19

Reportase

Reportase

Pelatihan Minggu ke-3

Pengembangan Perpustakaan dengan Konsep Knowledge Management untuk Mendukung Penanganan Pandemi COVID-19

21 September 2020 | 13.00-14.30 WIB

 

Pertemuan minggu ketiga pelatihan knowledge management kali ini membahas ”Pathfinders : Peta Sumber Daya Informasi Perpustakaan”. Materi tersebut disampaikan oleh Haxa Soeprijanto, S.Ikom. Haxa mengawali pemaparan dengan menyampaikan bahwa informasi harus dikemas sedemikian rupa ke dalam bentuk yang mudah dipahami oleh penggunanya dengan menggunakan suatu metode. Kemas ulang informasi berfungsi memudahkan pengguna dalam memilih informasi, menghemat waktu, tenaga, juga biaya, sarana penyebaran informasi yang efektif dan efisien, sebagai alat penerjemah terhadap suatu hal dengan cepat, dan menyediakan informasi secara cepat dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Terdapat beberapa jenis produk kemas ulang informasi, antara lain Current Awareness Services (CAS), Selective Dissemination of Information (SDI), analisis dan konsolidasi informasi, abstrak, terjemahan dokumen, direktori, dan newsletters. Pathfinder adalah bibliografi subjek yang dirancang untuk menuntun pengguna melalui proses penelitian topik tertentu dengan cara yang sistematis memanfaatkan alat temuan terbaik yang dimiliki perpustakaan. Pathfinder berfungsi sebagai langkah awal bagi pemustaka dalam melakukan penelusuran, memberi informasi bagaimana menelusur sebuah subjek, dan membantu pemustaka yang masih awam. Haxa juga memaparkan mengenai elemen – elemen apa saja yang terkandung dalam pathfinder dan bagaimana format pathfinder. Tantangan bagi pustakawan saat ini adalah “bagaimana pustakawan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sehingga sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan dapat dikemas sebaik dan semenarik mungkin?”. Di akhir pertemuan, peserta diberi tugas untuk membuat pathfinder dengan desain semenarik mungkin untuk menyajikan informasi terseleksi mengenai topik COVID-19 dan cardiovascular disease.

Pelatihan minggu ke-4 dilaksanakan pada Senin, 28 September 2020 pukul 13.00-14.30 WIB dengan materi tentang bibliometrik di bidang kesehatan dan kedokteran yang akan disampaikan oleh Anis Fuad, DEA. Sampai jumpa di pertemuan minggu berikutnya.

 

Reporter: Monica Abigail

 

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments