Reportase Zoom Meeting Serial Knowledge Management Pertemuan Kelima dengan Tema Meta-Leadership PENERAPAN DIMENSI-2: MEMIMPIN REVIEW RENSTRA BISNIS RUMAH SAKIT

Klinisi Primer Klinisi Rujukan Manajer Lembaga Kesehatan Pengambil Kebijakan Tenaga Pencegahan

Pengantar

Forum Manajemen COVID-19 dengan topik Knowledge Management menyelenggarakan diskusi virtual pada hari Jumat, 12 Juni 2020 yang merupakan pertemuan kelima dari rangkaian webinar dengan tema Meta-Leadership. Diskusi ini dihadiri secara online oleh kurang lebih 120 peserta dari berbagai lokasi di Indonesia. Pertemuan ini merupakan rangkaian dari penerapan dimensi-2 situasi dalam kerangka Meta-Leadership: memimpin review rencana strategis bisnis rumah sakit.
Narasumber yang hadir dalam pertemuan kali ini adalah Ni Luh Putu Eka Andayani, M.Kes dari PKMK FK – KMK UGM. Sementara pembahas yang hadir antara lain dr. Arief Budiyanto, SpKK (Direktur RSA UGM) dan dr. Didi Danukusumo, SpOG (K) (Direktur RSAB Harapan Kita).

Prof. Laksono Trinantoro, PhD (Departemen HPM-FKKMK UGM) membuka pertemuan ini dengan memberikan pertanyaan menarik, “Dengan pandemi COVID-19 yang bisa jadi selesai 2 tahun lagi, apakah situasi ini menyebabkan perlunya review rencana strategis rumah sakit berbasis New Normal?”

Renstra Bisnis dan Mobius Loop

Pada fase diagnosis ini, rumah sakit dapat mengadopsi konsep analisis pada Mobius Loop, yakni Perceive-Orient-Predict (POP). Rumah sakit bisa melakukan analisis situasi, dan menentukan arah rumah sakit mau kemana selama dan setelah pandemi COVID-19 ini. Putu mencontohkan analisis eksternal dengan menggunakan pendekatan market based clinical program plan dan analisis internal dengan mempergunakan pendekatan value chain analysis. Analisis situasi ini merupakan proses penafsiran terhadap data kualitatif maupun kuantitatif yang kemudian menjadi dasar untuk melakukan langkah selanjutnya dalam POP yaitu prediksi. Dalam memprediksi ini, bisa muncul skenario tanpa lonjakan, atau bahkan skenario terburuk yaitu terjadi lonjakan tinggi.

Fase Decision Making

Pada fase decision making, rumah sakit juga bisa mengadopsi konsep Decide-Operasionalize- Communicate (DOC) pada Meta-Leadership. Dalam menyusun perubahan strategi rumah sakit dapat melakukan inovasi diberbagai tahapan meliputi inovasi untuk bertahan/survive, inovasi teknologi, inovasi pelayanan kepada pasien, sampai dengan inovasi pendanaan. Pada sesi ini juga disampaikan mengenai Business Model Canvas yang bisa diadopsi rumah sakit untuk melakukan revisi rencana strateginya. Dengan BMC ini direktur RS dapat melakukan quick look terhadap dokumen Renstra Bisnis yang dimilikinya sehingga lebih mudah mengidentifikasi aspek mana yang akan terpengaruh dan perlu disesuaikan untuk menghadapi New Normal.

Pembahasan

Pada sesi pembahasan kedua pembahas yakni dr. Arief Budiyanto, PhD dan dr. Didi Danukusumo menyampaikan bahwa situasi pandemi COVID-19 ini membutuhkan revisi rencana strategis. dr. Didi memaparkan contoh yang dilakukan di RSAB Harapan Kita, dimana konsep Mobius Loop ini juga sejalan dengan Balance Score Card sehingga bisa diadopsi untuk melakukan proses revisi renstra rumah sakit.

Sementara dr. Arief menyampaikan bahwa dalam penyusunan analisis SWOT pimpinan RS dapat melihat 2 sisi yaitu apakah menjadi sebuah tantangan atau kesempatan? Rumah sakit UGM merespon kondisi ini sebagai sebuah kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan layanan – layanan rumah sakit ke depannya.

Diskusi

Hal menarik dalam diskusi dalam pertemuan kali ini bahwa perlu adanya Meta-Leadership dalam merespon situasi pandemi saat ini. Fajarudin menyampaikan bahwa dalam melakukan proses revisi renstra, kesulitan yang terjadi adalah perubahan yang naik-turun pada situasi pandemi ini. Konsekuensinya, rumah sakit mungkin tidak hanya perlu menyusun 2 versi renstra bahkan bisa lebih dari itu.
Pada sesi ini juga dibahas mengenai pengalaman rumah sakit yang telah dilakukan terhadap rencana strategisnya dengan adanya pandemi ini. Selain itu, dibahas juga mengenai perbedaan revisi renstra dengan HDP dan penganggaran ke depannya, serta sumber alternatif pendanaan anggaran.

Hasil Kuesioner dan Penutup

Pada sesi penutup disampaikan hasil kuesionar yang telah diisi oleh peserta diskusi online. Secara garis besar pemahaman peserta meningkat terkait berbagai aspek Meta-Leadership pada proses review renstra setelah mengikuti pertemuan kelima ini.

What Next?

Pertemuan ini adalah pertemuan kelima yang membahas mengenai Penerapan Dimensi 2 Meta-Leadership: memahami situasi saat ini. Akan ada pertemuan terakhir yang membahas dimensi konektivitas dalam masa pandemi COVID-19. Pertemuan tersebut sekaligus menutup rangkaian webinar series Knowledge Management dengan Topik Meta-Leadership.

  • Pertemuan keenam: Menganalisis dimensi konektivitas dalam masa pandemik COVID-19
  • Senin, 15 Juni 2020
  • Pukul 13.00-14.00 WIB.

Reporter: Barkah Wahyu P/PKMK-FKKMK UGM.


Silahkan Isi Survei Reportase ini Unduh Materi

Hasil Survei

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments