Laporan Kegiatan  Pembahasan  Senin 30 Maret 2020, 13.00-14.00

Laporan Kegiatan Pembahasan Senin 30 Maret 2020, 13.00-14.00

Reportase Kegiatan

Bagaimana kita masyarakat ilmiah dapat berperan mencegah perluasan. Berikut adalah yang sudah kita lakukan selama minggu lalu:

  1. Metode kegiatan forum: berbasis pada webinar yang menarget banyak kelompok Community of Practices. Dalam forum ini, tenaga kesehatan akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam. Kita berusaha mengisi gap antara umum dan jurnal, dengan webinar yang jaringanya amat luas.
  2. Membuat forum tanya jawab, spesifik untuk forum tenaga kesehatan. Dengan mode lintas disiplin.
  3. Jurnal reading, banyak jurnal yang sudah memasukkan artikel COVID-19 terbaru, sehingga kita bisa melihat evidence di lapangan. Ini adalah usaha untuk menapis informasi di era epidemi informasi saat ini. Bahkan, beberapa penelitian diminta untuk memberikan hasil sementara, jadi ada kemungkinan akan direvisi di masa depan.

Pada minggu ini tema webinar kita akan lebih ke pelayanan primer, jadi lebih akan mendalami aspek klinis. Forum ini akan lebih mendukung pengetahuan tenaga kesehatan dengan knowledge management dan CoP. Oleh  karena itu, Laksono Trisnantoro selaku pemateri mengundang rekan – rekan mahasiswa, peneliti untuk ikut meneliti, supaya semua terdorong untuk mendapat pemahaman yang lebih baik.

Para klinisi yang berada di RS rujuakan, pengurus RS, peneliti juga diharapkan membentuk kelompok/koalisi dalam konteks masyarakat yang mempraktekan keilmuan dalam menangani masalah.

Diskusi, bagaimana kita bisa mendorong dalam pembuatan CoP.

  1. Sebagai salah satu fasilitator mendapat pertanyaan teknis. Ini menjelaskan bahwa perlu adanya diseminasi guideline atau pedoman. (Sandra)

    Jawaban: memang betul, jadi diharapkan jawaban berdasarkan pedoman terbaru dari Kemenkes, tapi perlu diketahui juga apabila ada perbaruan dari pedomanya.

  2. Bagaimana peran FK – KMK untuk melakukan encourage untuk penelitian tim/cluster yang available untuk bergabung? Apakah ada kemungkinan funding untuk melakukan Rrset? (Helmi)

    Jawaban: Kita bisa minggu depan mengadakan seminar perencanaan proposal, sudah banyak pemberitaan dana pemerintah untuk riset jarak pendek maupun panjang. Nanti kita akan kembangkan mengenai proyek riset, ini adalah suatu ide yang bagus.

  1. Banyak sekali masalah yang bisa dijadikan hipotesis dari pandemi ini, peluang dari jurnal yang memudahkan akses submission. Tapi masih ada masalah funding etikal, dan lain – lain. Banyak sekali funding dari perusahaan, apakah mungkin kita ekerjasama dengan mereka? Bagaimana sikap kita untuk dapat meng – approach? Informasi ini akan berguna terutama bagi negara yang baru dilanda wabah ini.
  1. Mengenai manajemen COVID-19 ini, sekarang banyak masyarakat yang makin, seperti terlalu ketakutan/bingung dengan cara yang baik unutk menangani COVID-19 , padahal kita sudah melakukan banyak cara untuk menghindari. Bagaimana kita dapat membantu masyarakat dalam menangani ketakutan.

    Jawaban: Kita tidak langsung ke masyarakat, tapi yang bisa kita lakukan adalah melakukan penelitian yang bisa menjadi dasar penelti dalam diseminasi informai ke masyarakat.

  2. Menanggapi penanya, Pedoman kemenkes sudah sampai ke revisi ke – 4. Revisi ke – 3 lebih ke kesiapsiagaan, revisi ke – 4 pencegahan dan pengendalian. Dalam konteks informasi, kecepatan sangat menentukan.
  3. Dengan informasi yang sudah sangat banyak, apakah ada versi knowledge management yang lebih ringkas, smcam berita haris untuk dokter paru/pada perawat ICU dan lain – lain.

    Jawaban: Jadi teman teman di garis depan tidak bnyak waktu untuk membaca, tapi bisa mendegar, sehingga kita mengembangkan podcast apakah bisa untuk knowledge management. Bisa juga dalam bentuk berita harian dengan PDF.


Reporter: Albarissa Shobry

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments