Ringkasan diskusi Webinar Cochrane – 27 Maret 2020

Ringkasan diskusi Webinar Cochrane – 27 Maret 2020

Reportase Kegiatan

Pada Jum’at, 27 Maret 2020 telah digelar webinar diskusi terkait obat yang diduga dapat digunakan dalam penanganan COVID-19. Webinar ini diinisiasi Cochrane Indonesia dan PKMK FK – KMK UGM. Berikut ringkasan diskusi tersebut.

24/3 A Trial of Lopinavir–Ritonavir in Adults Hospitalized with Severe Covid-19

Pengobatan Lopinavir-ritonavir tidak secara signifikan mempercepat perbaikan klinis, mengurangi mortalitas, atau mengurangi deteksi RNA virus pada pasien dewasa dengan COVID-19 karena tidak ada perbedaan antara kelompok penerima pengobatan Lopinavir-ritonavir dengan kelompok perawatan standar.

Keefektifan pendekatan pada manusia ini masih kurang karena data pada penelitian masih data awal. Maka masih diperlukan penelitian dimasa depan untuk menilai medikasi lainnya terutama untuk pengobatan infeksi SARS-CoV-2

Situs: https://bit.ly/2JigiS0


24/3 Experimental Treatment with Favipiravir for COVID-19: An Open-Label Control Study

Favipiravir (FPV) berasosiasi dengan pembersihan virus yang lebih cepat serta gambaran chest imaging yang lebih baik. FPV menunjukkan efek pengobatan yang lebih baik secara signifikan pada COVID-19 dalam hal perkembangan penyakit dan pembersihan virus. FPV 3 kali lebih efektif dalam menghilangkan virus daripada Lopinavir (LPV) / ritonavir (RTV) dan efek samping FPV ini juga tolerable (dapat ditoleransi) serta aman.

Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada penelitian ini yaitu bias seleksi yang cukup tinggi yang disebabkan karena menggunakan metode non-randomized, rekrutmen pasien dilakukan dalam waktu yang berbeda, sample size yang kecil, viral titer dan hasil klinis umum yang tidak dinilai, sehingga dapat mempengaruhi hasil klinis.

Situs: https://bit.ly/2QOuXZd

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments